Apa itu 4ICU?

0 Comments


Apa itu 4ICU???

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang 4ICU, mungkin bagi kita orang awam yang belum mengetahu apa itu 4ICU, kita akan sangat bingung dan mencari diinternet apa itu 4ICU, disini penulis akan mengupas secara tuntas apa saja yang menjadi pertanyaan tentang 4ICU?, mulai dari definisi, metodologi, cara kerja, dan lain-lain mengenai 4ICU.


4ICU(4 International Colleges and University)

4ICU(4 International Colleges and University) adalah sebuah mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki 11.307 Universitas diseluruh dunia yang sudah terakreditasi yang tersebar di 200 Negara, untuk diperingkatkan dari baik untuk antar wilayah, Negara, maupun Benua.

Terakreditasi disini,ialah sudah diakui oleh badan-badan nasional dan sudah dilegalkan,dan berhak memberikan gelar sarjana bagi mahasiswanya, dan metode pembelajaran yang sesuai yang telah ditetapkan.

Dari definisi ini bisa memunculkan berbagai pertanyaan, bagaimana 4ICU ini bekerja, bagaimana metodologi penelitiannya, dan apa manfaatnya bagi institusi terkait, itu semua akan penulis bahas selanjutnya dalam artikel ini.

Metodologi Penelitian

Dari definisi yang penulis kutip dari salah satu web, bisa kita ketahui 4ICU menilai peringkat universitas berdasarkan kepopuleran web universitas tersebut, namun 4ICU tidak memberikan rincian yang jelas, 4ICU hanya memberikan acuan penilaian berdasarkan:

-Google Page Rank
-Alexa Traffic Rank
-Majestic SEO

Menurut salah satu web universitas, langkah langkah penelitian 4ICU seperti berikut,


1) Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data

2) Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers)

3) Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi

4) Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO

5) Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi

Manfaat 4ICU

Tentu pemeringkatan universitas diseluruh dunia ini ada banyak manfaatnya, baik positif maupun negatif,baik untuk institusi terkait, untuk calon mahasiswa , dan pihak lainnya.

Positifnya bagi institusi terkait:

-Membuat Universitas terkait menjadi populer dan dikenal
-Bisa menjadi bahan promosi apabila peringkat Universitas tersebut baik
-Mengetahui seberapa pupuler web Universitas tersebut, dan masih banyak lainnya.

Negatifnya bagi institusi terkait:

-Membuat rating semakin menurun bila peringkat Universitas tersebut rendah
-Membuat calon mahasiswa ragu mendaftar di universitas tersebut bila peringkat rendah
-dan masih banyak lainnya


Ranking Universitas berdasarkan 4ICU

Bagaimana ranking universitas di tahun 2016 ini berdasarkan 4ICU? Penulis akan menampilkannya. Berikut peringkat Universitas di seluruh dunia dan Indonesia:

Tampilan awal






Ini adalah ranking 20 universitas terbaik di dunia menurut 4ICU tahun 2016





Ini adalah 15 Universitas terbaik di Indonesia menurut 4ICU tahun 2016




Sekian artikel kali ini mengenai 4ICU, semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiinn.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_perguruan_tinggi_dunia
http://www.4icu.org/id/








You may also like

No comments: